JOGJA Never Ending Asia - Mari Lestarikan Budaya Nasional

Ad 468 X 60

Kamis, 08 Agustus 2013

Widgets

Profil Umum Desa Wisata Budaya Plempoh

Desa Wisata Budaya Plempoh berjarak 300m dari situs Kraton Ratu Boko. Desa Wisata Budaya Plempoh terdiri diatas hamparan dan perbukitan yang mempunyai luasnya ±47 HA, dengan jumlah kepala keluarga 153 sedangkan jumlah penduduknya adalah 449 jiwa.

Di sebelah utara berbatasan dengan Padukuhan Gatak, sebelah selatan berbatasan dengan Padukuhan Marangan, sebelah barat berbatasan dengan Padukuhan Jabohan dan sebelah timur berbatasan dengan Padukuhan Cepit.

Desa Wisata Budaya Plempoh mempunyai banyak potensi antara lain :
Adanya kesenian tradisional srandul dan bisa melihat terbit dan tenggelamnya matahari juga sangat baik untuk kegiatan tracking. Juga bisa berlatih gamelan.

Akses traspotasi menuju ke Desa Wisata Budaya Plempoh sangat mudah, dapat menggunakan sarana angkutan umum (andong, becak/ojek) atau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kehidupan masyarakat Desa Wisata Budaya Plempoh adalah ada yang petani, beternak, tukang, pedagang dan ada yang membuat makanan tradisional dan masih ada bangunan rumah yang berbentuk sinom, limasan, kampung.

Peta Lokasi Desa Wisata Budaya Plempoh




View Plempoh Bokoharjo in a larger map




                                                DESA WISATA BUDAYA PLEMPOH
 
Desa Wisata Budaya Plempoh terletak di perbukitan yang berada di Dusun: Dawung, Desa: Bokoharjo Kec : Prambanan, Kab: Sleman dari pusat kota Jogjakarta 19 km di tempuh dengan perjalanan 60 menit tepatnya sebelah selatan Candi Prambanan, dari Jl jogja- Solo keselatan 3 km yaitu di komplek Kraton Ratu Boko. 

Desa Wisata Budaya Plempoh adalah desa budaya yang mempunyai latar belakang yang sangat unik dan letak geografisnya yang sangat strategis yang tidak di miliki desa wisata budaya - desa wisata budaya yang lain. Desa wisata budaya plempoh, desa budaya yang memiliki latar belakang yang sangat unik karena adanya situs cagar budaya yaitu KRATON RATU BOKO dan dikelilingi cagar budaya lainya dari sebelah timur adanya situs cagar budaya yaitu Candi Barong, Candi Dawang sari,Arca Ganesha,dan Cadi Miri dari sisi tenggara adanya Batu Tepak ,Candi Ijo, Sumur Bandung, Arca Gupolo,dan Candi Banyu nibo, dari sisi selatan adanya panorama pegunungan seribu, dari sisi barat adanya Candi kalasan, Candi Sari dan Sungai Opak yang membelah dua kecamatan yaitu kec: Kalasan dan kec: Prambanan, dan di sisi utara yaitu Candi Pranbanan dan Candi Sewu juga panorama alam yang sangat indah dan dimanjakan sunrice dan sunset kalau malam hari di manjakan indahnya taburan bintang di bumi JOGJA yang ISTIMEWA.
Desa wisata budaya plempoh masyarakatnya sangat majemuk dan mempunyai kesenian tradisional yaitu kesenian SRANDUL dan KRAWITAN serta mempunyai masakan khas desa wisata yaitu NASI SAMBAL PLEMPOH yang tidak di miliki oleh restoran-restoran atau warung makan yang ada di jogja. Desa wisata budaya plempoh adalah desa wisata yang berbasis pendidikan kebudayaan sesuai dengan adanya cagar budaya yang sangat melekat, yaitu adanya peradapan Agama,Sosia dan Budaya dan candi-candi hindu dan budha. Maka dari pada itu desa wisata budaya plempoh mengajak para pengujung berwisata untuk jelajah alam di kawasan cagar budaya untuk mengenali warisan nenek moyang yang adiluhung yang sudah mengenal suatu peradapan dan ke BEHNEKA TUNGGAL IKAAN yang berada di seputaran kawasan DESA WISATA BUDAYA PLEMPOH.
Desa Wisata Budaya Plempoh adalah Desa wisata yang mempunyai cerita legenda yang sangat menarik dan filosofi yang dalam tidak lepas dari hidup dan kehidupan manusia

Ini adalah pintu gapura utama 1 dan pintu gapura utama 2 yang berada di kraton ratu boko yang mempunyai arti filosofi dalam hidup dan kehidupan manusia dan di sebelah kiri pintu gapura ini adanya candi batu putih dan sebelah kiri atas adanya candi pembakaran mayat, alun-alun, paseban, pendopo,miniatur,kolam, keputren dan goa.
Filosofi dari gapura utama 1 ada 3 buah yaitu : Dalam jati diri mausia ada 3 pancaran cahaya/ nur [ Brahma, Ciwa, wisnu ]/ nurnya Allah, nurnya Muhammad, nurnya Adam, tempatnya 3 cahaya / nur tersebut yaitu: nurnya Allah berada di Hati siri, nurnya Muhammad berada di Hati maknawi, nurnya Adam berada di Hati sanubari.[ SIR, DZAD, SIFAT]
Gapura utama 2 ada 5 buah yaitu dalam jati diri manusia mempunyai 4 unsur dan 4 sifat , yang 1 adalah raga kita sebagaimana tempat bernaung, bisa dikatakan timur penguwasanya adalah Batara Guru, Selatan adalah Batara Bromo, Barat adalah Raden kuma jaya dan yang Utara adalah Batara Wisnu.
Kalau dijumlah antara gapura utama 1 dan 2 ada 8 yaitu HASTA BRATA /SANGKAN PARANE DUMADI dari inilah lahir suatu ajaran CUPU MANIK ASTA BRATA, CUPU MANIK ASTA GIMA dan CUPU MANIK ASTA GINA.
Hasta brata: yang mempelajari watak manusia/ karakter manusia yang ada 8.
Hasta gima: yang mempelajari sifat-sifat saudara 4/ 4 unsur manusia di buat/ nafsu yang ada dalam diri manusia itu sendiri dan mempelajari sangkan parane dumadi.
Hasta gina: yang mempelajari adanya hukum karma pala/ hasil perbuatan [ manunggaling kawulo Gusti ] dalam bahasa sangsekerta adalah [ “ MOKSARTHAM JAGADHITAYA CA ITI DHARMAH ] yang artinya kebebasan dari ikatan keduniawian, bebas dari karma dan kesengsaraan.
Maka dari pada itu weda-weda saluran  tingkat dua mengajarkan antara lain
·         Smerti
·         Purana
·         Intihasa
Smerti : adalah pustaka yang mengajarkan tentang mengingat ajaran-ajaran suci yang di sampaikan oleh para maha resi.
Purana : adalah pustaka yang memuat ajaran-ajaran suci dalam bentuk ceritera-ceritera dan perumpamaan, yang mudah di pahami dalam kehidupan sehari-hari.
Istihasa : adalah pustaka yang isinya ceritera sejarah kepahlawanan yang menarik yang tercantum dalam SRUTI atau SMERTI antara lain RAMAYANA dan MAHA BARATA.
Disamping pustaka-pustaka diatas ada yang lebih terkenal di seluruh dunia yaitu pustaka : BHAGAWAD-GITA yang isinya terdapat di Wiracarita-Mahabharata, bagian dari Bhismaparwa iyalahyang menceritakan peperangan di kuru setra sebagaimana sri begawan krsna mengajarkan ajaran-ajaran darma kepada arjuna
Dari pustaka-pustaka tersebut di rangkum dalam suatu kitap yaitu : SARASAMUSCAYA yang sifatnya universil, langgeng, suci dan abadi mengikuti perkembangan jaman, untuk kesempurnaan hidup manusia.  
Maka tidak aneh lagi kalau masyarakat mempunyai cerita legenda yang sangat melekat dan melegenda sekali bahkan masyarakat luas mempercayai dengan cerita legenda tersebut. Bahkan cerita legenda tersebut mempunyai arti filosofi yang sangat dalam yaitu : BADUNG BONDHO WOSO dan RATU BOKO beserta RORO JONGGRANG yang mempunyai makna: Bandung artinya membendung, Bondho: Mengikat, Woso : Howo songo. RATU BOKO adalah : Rat: Tulisan,  Tu : Tujuh yang ada di tubuh kita, dan Boko adalah Kegelapan,serta Roro jonggrang itu sendiri : Seorang perempuan yang cantik dan cerdik
Maka barang siapa yang bisa mempelajari jati diri kita dengan baik, maka kita akan jadi orang yang sakti mandra guna dan luhur budi pekertinya, atau sebaliknya kalau kita diperbudak oleh apa yang ada di tubuh kita, maka kita akan jadi raksasa, bengis, kejam, tidak punya aturan, se enaknya sendiri.
Maka seampuh dan sehebat apa pun seorang laki-laki kalahnya dengan perempuan

situs arca ganesha
Ini adalah situs arca ganesha yang terbuat dari batu putih / batu kapur luas area 100 m dan simbul dari agama Hindu yang berada disebelah selatan hotel abhaya giri 100 m dan 1 km sebelah timur kraton ratu boko arca ganesha ini menggambarkan kecerdasan, jarak tempuh dari desa wisata budaya plempoh 1,5 km bisa di tempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4












Candi Dawang Sari
Ini situs / candi Dawang Sari berada sebelah selatan arca ganesha jarak tempuh 300 m bangunan candi yang berupa stupa budha yang terbesar di sleman timur bangunan ini belum di pugar dan baru di lakukan study kelayakan / penyusunan kembali oleh pihak intansi terkait yaitu BPCB DIY dan baru dalam perencanaan pemugaran bahkan bangunan ini berdampingan dengan Situs/Candi Barong jaraknya berkisaran 150 m, bila mana nanti situs/candi/stupa budha/ dawangsari ini apabila jadi dipugar sangat megah sepertihalnya candi boro budur

                                                                                                                                                                                                  

Situs Candi Barong
Ini situs / candi barong, adalah candi yang terdiri hanya 2 candi induk dalam satu tempat dan hanya satu gapura/ pintu masuk tidak ada perwaranya,apit maupun candi patok dan halaman yang cukup luas bahkan masyarakat ada menyebutnya candi jago, candi sari dan candi soro geduk konon dalam legendanya dari masyarakat, dan ahli sepritual bahwasanya candi ini untuk upacara pengangkatan/pengesahan/wisuda seorang perwira maupun panglima perang atau untuk upacara pernikahan pada jaman kerajaan  










Situs Candi Miri
Ini adalah situs/ Candi Miri, candi ini berlokasi diatas perbukitan bahkan candi ini hanya tinggal puing-puing reruntuhan, pondasi,yoni dan beberapa pecahan gerabah yang bermotif agama budha, kalau di lihat dari bentuk bebatuan yang tersisa menceritakan tentang candi hindu, di candi miri ini kita akan di manjakan oleh fiew yang masih amazing dan memukau, kita akan melihat perkasanya gunung merapi, kota jogja yang istimewa, dan kota klaten, jarak antara candi barong, arca ganesha dan candi dawang sari ke timur 2 km bisa menggunakan roda 2 dan roda 4 kendaraan kita parkirkan di kamung  dan naiknya kesitus kita bisa tracking dengan waktu 15 menit
                                                                                                                                                                                                      
Lokasi Batu Tepak
Ini adalah lokasi batu tepak yang letaknya di antara candi miri, sumur bandung, dan candi ijo, batu tapak ini konon cerita masyarakat setempat, bahwasanya tempat ini, tempat terjadinya pergolakan peperangan yang sangat sengit antara bandung bodo woso dan prabu boko pada akhirnya prabu boko terkalahkan kerena tubuhnya prabuboko di hempaskan ke sebuah bukit, dan bukit tersebut terbelah menjadi 2 dan akhirnya bukit tersebut dijuluki oleh masyarakat “GUNUNG PEGAT”










Candi Ijo
Ini adalah candi ijo yang letaknya di atas perbukitan terdiri dari satu candi induk dan empat perwara pada zona 1 [ halaman stu ] dan pada zona 2 [ halaman dua ] ada beberapa candi terdiri dari candi yang dibuat dari batu putih/ kapur dan batu andesit dan sebelah utaranya ada bangunan cagar budaya yaitu sumur bandung jaraknya 200m kalau dilihat dari bentuk candi, relief dan arca-arcanya candi ini dominan candi hindu, disi kita akan di manjakan dengan keindahan dan kemegahan candinya yang penuh dengan cerita yang aneh dan punya cirikhas yang sangat unik sekali dan kita akan melihat pemandangan kota jogja yang istimewa dan bandara internasional Adi sucipto. Maka dari pada itu saya mengajak untuk jelajah alam menapak tilas peninggalan nenek moyang kita berupa cagar budaya candi yang ada di wilayah sleman timur khususnya di sekitaran DESA WISATA BUDAYA PLEMPOH. Rasanya kurang puas kalau hanya berkunjung/berwisata kecandi prambanan dan kraton Ratu boko karena jarak antara situs yang satu dengan yang lainya berdekatan jarak tempuh antara 15 menit sampai 30 menit dengan ditempuh dengan roda 2 maupun rosda 4 bahkan tidak terlalu banyak kita merogoh kocek dan bisa menikmati dan menapaki alam dan peninggalan benda cagar budaya tersebut.






Kesenian Srandul
Ini adalah kesenian tradisional yang disebut SRANDUL dan srandul itu sediri mempunyai arti atau maksut “Saronone jumbedul” [ apapun yang ada pasti pakai sarana / jerbasuki mawa beya ] kesenian ini, kesenian yang sangat klasik dan bisa melakonkan cirita apa saja dan personilnya juga terbatas ini adalah kesenian budaya yang hampir punah.

Latihan Rutin Karawitan
Ini adalah latihan krawitan yang di laksanakan tiap malam kamis dan gamelan klasik tanpa adanya alat musik yang modern

  











Credit Photo by Sardi Cemplon

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Sardi
Sardi adalah pengelola Desa Wisata Budaya Plempoh yang beralamatkan di Padukuhan Dawung, Plempoh Bokoharjo Prambanan Sleman DIY. Read More →

0 komentar: